BINGUNG LIBURAN KEMANA? WISATA TANGERANG JUGA OKE.

BINGUNG LIBURAN KEMANA? WISATA TANGERANG JUGA OKE.

Tangerang dijuluki dengan kota 1000 industri. Karena memang banyak kawasan industrial di daerah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Tapi bukan berarti Tangerang tidak memiliki tempat wisata, lho!

Yuk, simak wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi jika kamu berpelisiran di Tangerang.

Masjid Seribu Pintu

Sumber: Dream.co.id

Nama aslinya, Masjid Agung Nurul Yaqin, berada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Memiliki pintu yang sangat banyak dengan dekorasi yang indah, menjadikan masjid ini sebagai tempat wisata kerohanian.

Masjid ini berdiri sejak 1978 oleh Syekh Al Faqir Mahdi, yang kini dimakamkan di samping masjid tersebut. Makam tersebut biasanya ramai dikunjungi saat hari-hari besar Islam, terutama saat Ramadan.

Memimiliki 3 lantai, masing-masing lantainya berbeda fungsi secara ibadahnya. Lantai pertama digunakan sebagai tempat berzikir. Lantai kedua dan ketiga, digunakan untuk melakukan ibadah solat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Sayangnya, kini tampilan masjid ini seakan sehabis terjadi perang karena beberapa bagiannya runtuh. Dan untuk berjalan ke dalam masjid, harus melalui labirin yang gelap, dan beberapa ruangan tidak boleh sembarangan untuk memotret foto.

Wisata Pasar Lama

Sumber: Pemerintah Kota Tangerang

Salah satu kawasan paling tua di Tangerang, dengan beberapa jajanan kuliner yang bisa kamu temui di sekitar sini. Beberapa makanan seperti makanan khas hingga yang unik atau kekinian bertebaran sepanjang jalan.

Di dekat sini juga ada rumah ibadah tertua di Tangerang, yaitu Masjid Kalipasir dan Klenteng Boen Tek Bio.

Pantai Tanjung Kait

Sumber: Wisata Baru

Berlokasi di Mauk, Kabupaten Tangerang, wisata ini memiliki pesona pantai untuk kalian yang ingin berlibur tidak jauh-jauh dari rumah. 

Namun, air pantai di sini tidak jernih, butek kecoklatan, sobat TulKit. Pantai ini disarankan agar tidak berenang. Tapi banyak di sekitar sini rumah panggung di pinggir laut untuk bersantai ria.

Tebing Koja

Tebing Koja, wisata di Tangerang saat berlibur, TulisanKita.com
Sumber: Afkar Aristo

Berada di Solear, Kabupaten Tangerang, wisata instagramable ini ternyata bekas lahan tambang pasir yang sudah tidak aktif. Akibatnya, sisa-sisa galiannya menjadi tebing-tebing kapur yang menjulang.

Untuk kesini cukup mudah, karena letaknya yang dekat dengan Jalan Raya Cisoka. Disarankan untuk datang saat sunrise, Sobat TulKit. Sebab, pemandangan akan indah untuk dipotret pada waktu tersebut.

Telaga Biru Cigaru

Wisata romantis di Tangerang, Telaga Biru Cigaru atau Danau Cisoka -TulisanKita.com
Sumber: Afkar Aristo

Berada di desa Cigaru, Cisoka, Kabupaten Tangerang. Hampir sama dengan Tebing Koja, Terbentuk dari sisa tambang pasir. Sisa tambang pasir ini kemudian terutup air, dan menjadi tempat wisata hits di Tangerang.

Awalnya tempat ini dikelola oleh warga sekitar yang memanfaatkan lokasi ini. Kemudian, mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Tangerang untuk mengelola wisata ini menjadi ciamik untuk dikunjungi.

Memiliki berbagai wahana outbond keluarga dengan pemandangan telaga yang airnya biru, dan hijau. Ada flying fox, dan beberapa atraksi seru yang bisa kamu lakukan di sini. Bahkan ada spot foto romantis, seperti perahu dengan hiasan hati buat kamu berswafoto dengan pasangan.

Hutan Monyet Keramat Solear

Wisata utan Monyet Keramat Solear. -TulisanKita.com
Sumber: Dictio

Sobat TulKit, ternyata di Tangerang ada tempat keramat yang berusia ratusan tahun lho.

Yap, Hutan Monyet Keramat Solear ini adalah tempat makam Syekh Mas Masyad, seorang ulama Mesir yang menyebarkan Islam di Tangerang sekitar abad 15.

Konon, setelah Syekh tersebut meninggal, murid-muridnya berjanji menjaga makam tersebut dan berubah menjadi kera. Jumlah kera-kera yang ada di sini diyakini tidak pernah bertambah atau berkurang, karena jelmaan murid-murid syekh tersebut.

Kalau sobat TulKit ingin ke sini, jangan lupa untuk membeli pisang dan kacang untuk diberikan kepada monyet-monyet. Jangan khawatir, monyet-monyet di sini sudah jinak.

Wisata Taman Sekitar Tangerang

Taman Potret

Sumber: AboutTNG

Berada di samping TangCity dan di pinggir jalan, ruang terbuka ini menjadi space buat warga Tangerang untuk berswafoto. Terdapat spot foto menarik untuk berpotret ria.

Di sini tersedia juga WiFi gratis, dan lokasi kuliner yang tertata rapi.

Taman Gajah

Berada di sebelah Universitas Muhammadiyah Tangerang, dan di tepian Sungai Cisadane, taman ini cocok untuk bersantai. Sobat TulKit bisa bersantai di sini sambil melakukan kegiatan seperti olahraga, berfoto, atau menikmati Sungai Cisadane di pagi atau sore hari.

Taman Kota 1

Sumber: Afkar Aristo

Lokasinya dekat dengan TK Al-Azhar, dan tidak jauh dari ITC BSD, buat sobat TulKit yang doyan santai-santai di bawah rindangnya pepohonan. 

Tempat ini sangat pas buat sobat TulKit berolaraga, karena terdapat beberapa alat olahraga yang bisa digunakan. Masuk ke tempat ini juga gratis, jadi sobat TulKit enggak perlu mahal-mahal olahraga di gym.

Taman Kota 2

Sumber: Festival Jalan Jalan

Sepanjang Jalan Puspiptek ini, Taman Kota 2 hadir dengan pepohonan yang rindang. Terdapat beberapa spot foto untuk kamu yang cari-cari tempat berswafoto.

Ditambah lagi, dekat Taman Kota 2 ada toko bunga, cocok buat kamu yang ingin berbelanja tanaman hias untuk dibawa ke rumah.

Scientia Square Park

Sumber: Hipwee

Berada di Gading Serpong, dekat pusat perbelanjaan elektronik, Summarecon Digital Center, menyajikan tempat umum untuk berkegiatan ria.

Tempat ini memiliki lahan persawahan untuk masyarakat sekitar bisa belajar untuk bertani. Suasananya yang seperti perkampungan kecil yang berada di tengah-tengah kota.

Di taman ini, ada banyak tempat untuk melakukan olahraga seperti Skateboard, Climbing, Rollerskate, berkuda, bahkan olahraga-olahraga gymnastic.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Tangerang

(Visited 17 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar