TELAGA BIRU CIGARU, JAWABAN WISATA ALAM DI KABUPATEN INDUSTRI

TELAGA BIRU CIGARU, JAWABAN WISATA ALAM DI KABUPATEN INDUSTRI

Tangerang yang biasanya dikenal dengan pusat jasa dan industri di provinsi Banten. Meski begitu memiliki objek wisata alam yang menarik untuk sobat TulKit kunjungi, yakni Telaga Biru Cigaru.

Telaga ini terbentuk dari sisa-sisa penambangan pasir yang terbengkalai dan areal persawahan. Dimulai dari tahun 2006 sampai 2012 penambangan pasir dilakukan sampai kedalaman yang dianggap tidak produktif lagi. Kemudian berubah jadi objek wisata menarik untuk berswafoto karena airnya biru.

Warna air di sini umumnya berwarna biru tapi bisa berubah. Penyebabnya di telaga tersebut mengandung alga yang dapat mengubah warna karena aktivitas organisme tersebut, ketika terpapar oleh sinar matahari dan tingkat keasaman yang berubah-ubah.

Akses

Berlokasi di Desa Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Mengakses tempat ini bila dari arah Jakarta, bisa melalui Tol Jakarta-Merak lalu keluar di gerbang tol Balaraja Barat. Setelah itu ikuti jalan menuju Tigaraksa dan di bundaran Pemkab Tangerang. Ambil jalan menuju pasar Cisoka, sebelum sampai di pasar Cisoka, di sebelah kiri jalan terdapat jalanan disebelah SMAN 8 Kabupaten Tangerang.

Selain itu, akses menuju tempat wisata ini bisa menggunakan transportasi umum, dengan menggunakan KRL di stasiun Tigaraksa dan melanjutkan dengan menggunakan angkot atau ojek.

Retribusi dan Wahana

Sumber: Afkar Aristo

Biaya masuk ke Telaga Biru, cukup membayar Rp8.000 untuk mobil dan Rp.2.000 untuk motor. Dengan uang segitu, Sobat TulKit bebas berswafoto di sekitar sana.

Namun untuk wahana, harus mengeluarkan uang yang berbeda tergantung wahana-wahana yang ada, seperti Flying Fox dan perahu. Terdapat harga yang beragam, mulai dari Rp20ribu hingga Rp50.000.

Banyak tempat makan

Sobat TulKit ingin berkulineran? Jangan khawatir, daerah sekitar pinggiran telaga banyak berdiri warung penjual makanan. Makanan-makanan yang tersedia di sini adalah Mie Ayam, Mie Instan, Bakso, Siomay dan Batagor. Para pedagang warung tersebut berasal dari warga sekitar yang memanfaatkan Telaga Biru sebagai sumber penghasilan dari wisatawan yang berkunjung ke Telaga Biru Cigaru.

Gimana Sobat TulKit? Berminat kan? Yuk jalan daripada libur lebaran enggak kemana-mana.

Baca Juga: BINGUNG LIBURAN KEMANA? WISATA TANGERANG JUGA OKE

(Visited 10 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar