SEJARAH KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS

SEJARAH KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS

Kartun terpopuler di Nickelodeon, Spongebob Squarepants memang tak ada habisnya. Tingkah lucu dari Spongebob dan teman-temannya selalu menarik perhatian para penontonnya yang bukan hanya anak-anak, namun juga orang dewasa. Orang-orang selalu tertarik dengan cerita film tersebut hingga sejarah asal mula film tersebut dibuat.

26 November 2018 lalu, pencipta kartun spons ini, Stephen Hillenburg meninggal dunia di usia 57 tahun. Hillenburg sendiri mulai dikenal saat menciptakan tokoh animasi Spongebob 19 tahun yang lalu di Amerika. Lalu, bagaimana, ya, cerita awal mula diciptakannya Spongebob Squarepants? 

Berawal dari Kecintaan Stephen Terhadap Lautan

Spongebob intro (1999)
https://vignette.wikia.nocookie.net/spongebob/images

Setelah lulus dari jurusan Biologi Laut dan jurusan tambahan di bidang seni, Stephen Hillenburg bergabung dengan Ocean Institute, sebuah organisasi edukasi lautan di California. Kecintaannya terhadap lautan ditambah dengan kemampuannya di bidang seni membuatnya terinspirasi untuk membuat karakter animasi. Awalnya ia membuat sebuah komik berjudul The Intertidal Zone yang digunakan untuk mengajarkan pengunjung di institut tentang kehidupan hewan di air pasang surut. Komik tersebut berisikan karakter-karakter dari bentuk kehidupan laut yang selanjutnya berevolusi menjadi karakter yang ada di Spongebob Squarepants.

Dari Spons Laut dan Nama Spongeboy

Spons laut dan Spongebob
https://www.google.com

Stephen Hillenburg awalnya menginginkan karakter utama yang diangkat dari makhluk laut teraneh, dan kemudian terpikirkanlah sebuah spons laut. Dari situ, Hillenburg mengembangkan lagi karakter si spons tersebut menjadi spons dapur. Nama dari karakter tersebut awalnya adalah Spongeboy dengan nama acara Spongeboy Ahoy! Namun, saat pengambilan suara, diketahui bahwa nama tersebut sudah dimiliki oleh sebuah perusahaan kain lap. Akhirnya, Stephen mengubah nama Spongeboy menjadi Spongebob karena ia ingin karakter tersebut tetap memiliki nama “Sponge” supaya penonton tidak menyalah artikan bentuknya sebagai manusia keju. 

Asal Mula Bikini Bottom di Film Spongebob

https://www.google.com

Jarang diketahui bahwa sebenarnya Bikini Bottom memang benar adanya. Terletak di Samudra Pasifik, Bikini Bottom diambil dari nama Bikini Atoll. Bikini Atoll sendiri adalah kawasan yang dulunya dipakai untuk mengetes 23 bom nuklir AS selama perang dingin. Itulah mengapa, di film Spongebob, Bikini Bottom terdiri dari rumah-rumah yang berbentuk mirip kaleng bekas. Bentuk bangunan tersebut rupanya tercipta dari ledakan bom nuklir di Bikini Atoll yang sangat besar yang menyebarkan puing-puing di lautan.

Kehidupan Manusia Versi Bawah Laut


https://www.google.com

Seperti yang diketahui, kehidupan di Bikini Bottom sama halnya dengan kehidupan orang pada umumnya di daratan. Stephen Hillenburg awalnya memang ingin membuat film kartun yang berbeda dari film kartun kebanyakan. Ia ingin membuat sebuah film kartun yang aneh dengan tema kehidupan bawah laut. Dari situlah terbentuk karakter dan setting film Spongebob yang menyerupai kehidupan manusia seperti ikan-ikan sebagai warga, perahu sebagai mobil, Gary si siput yang mengeong layaknya hewan peliharaan kucing, dll. 

Nah, sobat TulKit, itu tadi sejarah dari si spons kotak Spongebob Squarepants yang sudah TulKit rangkum untuk kalian. Ternyata, menarik juga, ya, ide dari Stephen Hillenburg untuk kartun ini!

(Visited 185 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar