PERAYAAN TANGGAL 14 DI KOREA SELATAN

PERAYAAN TANGGAL 14 DI KOREA SELATAN

Tanggal 14 memang identik dengan bulan Februari, yaitu hari kasih sayang atau Valentine’s Day. Namun, di Korea Selatan tidak hanya pada bulan kedua saja. Ada 12 perayaan istimewa bagi para pasangan setiap bulannya di tanggal 14. Berikut adalah 12 perayaan tanggal 14 di Korea Selatan:

Januari – Diary Day/Candle Day

Pada bulan januari, para pasangan dan sahabat akan saling bertukar buku diari kosong. Tanggal jadian, ulang tahun, dan berbagai tanggal penting lainnya akan ditulis dalam diari baru itu.

Sebagian orang juga akan merayakan tanggal 14 Januari ini sebagai candle day dan bertukar lilin dekoratif sebagai hadiah.

Februari- Valentine’s Day

perayaan tanggal 14 - tulisankita.com
Sumber: shutterstock.com

Hari kasih sayang ini dirayakan sama seperti hari kasih sayang pada umumnya: coklat, bunga, dan segala sesuatu yang romantis. Bedanya, pada 14 Februari di Korea Selatan hanya perempuan yang memberikan hadiah kepada pasangannya. Cowok enggak perlu pusing harus kasih hadiah apa, nih!

Maret – White Day

perayaan tanggal 14 - tulisankita.com
Sumber: Osakajoe.com

Nah, perayaan tanggal 14 yang ketiga adalah White Day! Di bulan Maret ini, gantian para cowok yang memberi hadiah kepada pasangannya. Aturannya, cowok yang mendapatkan hadiah dari cewek pada Valentine’s Day harus ‘membalas’ hadiah cewek tersebut. Hadiah yang diberikan pun dominan berwarna putih.

April – Black Day

Sumber: Koreanbapsang.com

Perayaan tanggal 14 ini khusus untuk orang jomblo! Mereka yang belum punya pasangan akan ‘merenung’ sambil makan mie dengan saus kedelai hitam bernama Jjajjangmyeon dan berandai-andai mereka mempunyai pasangan.

Tapi, tak semua jomblo bersedih, Sobat TulKit! Banyak orang yang mengubah hari ‘sedih’ ini menjadi hari kemerdekaan. Makan bersama para jomblo lainnya sambil menikmati mie di mangkuk berukuran besar. Tetap saja, diam-diam mereka tetap berharap bisa menghabiskan waktu bersama orang terkasih di bulan 14 lainnya.

Mei – Yellow Day/Rose Day

Pada Yellow Day ini, para pasangan akan mengenakan baju berwarna kuning dan memberi bunga mawar kuning pada satu sama lain. Para jomblo yang belum memakan jjajjangmyeon pada Black Day bisa makan kari dan berharap kisah asmara mereka bisa lebih ‘berbumbu’.

Juni – Kiss Day

Sumber: Aminoapps.com

(WARNING: 18+) Perayaan tanggal 14 yang satu ini khusus untuk kalian yang sudah dewasa, ya! Kiss Day ini adalah hari untuk menyatakan perasan dan menunjukkan kasih sayangmu dengan sebuah kecupan. Berbagai perusahaan, mulai dari merk lipstik hingga permen mint memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan produk mereka.

Juli – Silver Day

Sumber: Pinterest

Para pasangan saling bertukar cincin dan merencanakan pernikahan. Tidak hanya cincin tunangan, cincin janji (promise ring) juga saling diberikan sebagai simbol komitmen antarpasangan.

Agustus – Green Day

Sumber: Seriouseats.com

Hari ini dikhususkan untuk minum soju, minuman beralkohol yang terbuat dari beras dan mempunyai rasa seperti vodka. Dinamakan Green Day karena botol soju yang berwarna hijau.

September – Music/Photo Day

Perayaan tanggal 14 di bulan September adalah dengan berfoto bersama teman-teman (terutama di foto studio/photobox) dan berkaraoke bersama! Asyik, bukan?

October – Wine Day

Sumber: Tumblr.com

Para pasangan minum segelas wine (atau sebotol) sambil makan malam romantis. Sementara para jomblo kembali ‘merenung’ sambil minum wine.

November – Movie Day

Sumber: Pinterest.com

Bioskop akan penuh pada 14 November, namun para pasangan juga merental film atau saling memberikan DVD sebagai hadiah. Atau, mereka juga bisa ke DVD Room (‘DVD Bang‘, atau ‘Movie Room’, adalah salah satu pilihan nongkrong di Korea Selatan). Ruangan tersebut dirental seharga kurang lebih satu tiket bioskop dan dapat menampung sekelompok kecil orang. DVD-nya tidak se-update film yang sedang dimainkan di bioskop, tapi tidak terlalu jadul juga.

Desember – Hug Day

Sumber: Weheartit.com

Waktunya berpelukan! Para pasangan akan saling berpelukan dan menghabiskan waktu bersama, sementara ada banyak pemilihan (polling) mengenai mana artis Korea Selatan yang paling cuddle-worthy supaya para jomblo dapat kembali berandai-andai.

Nah, itulah perayaan tanggal 14 di Korea Selatan, Sobat TulKit! Ada yang tertarik untuk ikut merayakannya juga?

Sumber: matadornetwork.com

Baca Juga: 5 Tips Menahan Rasa Lapar

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar