MENGENAL NH DINI, BERKARYA LINTAS GENERASI

MENGENAL NH DINI, BERKARYA LINTAS GENERASI

Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau yang biasa dikenal NH Dini, lahir pada tanggal 29 Februari 1936, anak bungsu dari 5 bersaudara ini sudah tartarik menulis sejak sekolah dasar. Buku pelajarannya penuh dengan tulisan yang merupakan ungkapan perasaan dan pikirannya. 

Cita-cita beliau sewaktu kecil cukup unik, beliau ingin menjadi masinis namun kala itu tidak ada sekolah yang bisa mengakomodir cita-cita beliau. Sebelum Ayahnya meninggal, beliau berpesan kepada NH Dini agar mempelajari seni tari dan gamelan. Tujuannya sendiri untuk memahami arti kelembutan dalam kehidupan, yang pada akhirnya tercermin dari beberapa karya NH Dini yang begitu kuat sisi feminisnya. 

Pada Tahun 1960 NH Dini menikah dengan diplomat asal Prancis bernama Yves Coffin dan akhirnya mereka pinch ke Kobe, Jepang. Setahun kemudian, pada 1961, lahir putri pertama Yves Coffin dan NH Dini yang bernama Marie Glaire Lintang Coffin. 6 tahun berselang, 1967, lahirlah Putra kedua bernama Pierre Louis Padang Coffin, yang  terkenal sebagai kreator dari karakter “minions” .

Sastrawan yang sering disebutkan di buku pelajaran Bahasa Indonesia SD hingga SMA ini memiliki karya yang menggambarkan karakter dan pemikirannya. Karya NH Dini yang berjudul“Pada Sebuah Kapal” menunjukan betapa kuatnya sisi feminisme pada tokoh yang digambarkan. Beberapa karyanya juga memperkuat citra beliau sebagai pencinta dan pejuang feminisme. 

Beberapa penghargaan sudah diraihnya dan menjadi kebanggan orang Indonesia. Salah satu karyanya mendapatkan Life Achievement Award dari Ubud Writers & Readers Festival kemudian juga SEA Write Award dari pemerintah Thailand. 

Kini, NH Dini sudah tiada karena kecelakaan di Tol Tembalang Semarang. Sesaat setelah kecelakaan, beliau dilarikan ke RS Elisabeth Semarang, dan meninggal pada Selasa, 4 Desember 2018, sore.

Selamat jalan NH Dini, karya-karyamu akan selalu kami kenang.


Baca juga: MANG KOKO, MAESTRO KARAWITAN ASAL SUNDA

Sumber gambar utama: Langit Perempuan

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar