5 TRADISI UNIK LEBARAN NEGARA LAIN

5 TRADISI UNIK LEBARAN NEGARA LAIN

Sebentar lagi Lebaran tiba! Waktunya bertemu keluarga besar, makan ketupat, dan saling maaf-maafan nih, Sobat TulKit! Nah, penasaran enggak sih sama tradisi lebaran di negara lain? Yuk, kita simak lima tradisi unik lebaran negara lain!

1. Amerika Serikat

Sumber: huffpost.com

Meskipun mayoritas penduduknya non-Muslim, perayaan Lebaran di Amerika Serikat tetap meriah lho, Sobat TulKit! Shalat Ied merupakan salah satu bagian paling penting dalam perayaan Lebaran di Amerika Serikat. Setelah Shalat Ied, mereka akan saling berpelukan dan maaf-maafan.

Pakaian yang mereka kenakan juga bervariatif, karena mayoritas dari penduduk muslim di sana merupakan imigran. Makanya mereka kebanyakan menggunakan pakaian khas negara asalnya masing-masing.

2. Tiongkok

Sumber: beritaindependent.com

Di Tiongkok, perayaan lebaran terbesar dilaksanakan di Xinjiang dan Yunnan. Alasannya, penduduk di kedua daerah tersebut mayoritasnya beragama muslim. Layaknya di Indonesia, setelah Shalat Ied mereka akan berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Setelah berkumpul, umat muslim di Tiongkok akan berziarah ke makam leluhur atau tokoh muslim setempat untuk membersihkan makan sambil berdoa. Konon, doa tersebut bertujuan untuk mendoakan umat muslim yang meninggal saat pemerintahan Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Umat muslim di Tiongkok juga akan mengenakan baju khas Lebaran, yaitu jas khas dan khopiah berwarna putih untuk kaum pria, serta baju hangat dan kerudung untuk kaum wanita.

3. Australia

Sumber: weekendnotes.com

Perayaan Lebaran di Australia bisa dibilang sangat meriah lho, Sobat TulKit. Pasalnya, hari raya Lebaran di Australia dimeriahkan dengan festival multikultur yang tidak hanya melibatkan umat muslim, tetapi juga umat agama lain. Festival tersebut dibuka untuk umum, bahkan pejabat sekalipun berkunjung.

4. India

Sumber: India.com

Saat Lebaran, umat Muslim di India akan berkumpul dan melakukan Shalat Ied di New Delhi, ibu kota India. Jika di Indonesia khas dengan ketupat dan berbagai lauk tambahan, di India mempunyai makanan khas bernama siwaiyaan atau sheer khorma, yaitu bihun manis yang disajikan dengan susu dan kurma.

5. Turki

Sumber: bismilim.com

Dikenal dengan kata ‘Bayram’, perayaan Lebaran di Turki dihiasi dengan umat Muslim yang mengenakan pakaian bernama ‘Bayramlik’. Mereka juga akan mengucapkan tiga salam ini ke satu sama lain: ‘Bayraminiz Kutlu Olsun’, ‘Mutlu Bayramlar’, atau ‘Bayraminiz Mubarek Olsun’. Ketiga salam tersebut mempunyai arti yang mirip, yaitu selamat merayakan Hari Raya Bayram.

Jika di Indonesia anak muda akan diberi uang, tradisi unik lebaran di Turki adalah anak muda akan diberi hadiah berupa coklat, permen, uang koin, atau makanan tradisional Turki, seperti Lokum dan Baklava sebagai balasan dari mengucapkan salam Bayram dan doa. Uniknya, di Turki hanya kaum pria yang melakukan Shalat Ied, sementara kaum perempuan hanya berdiam di rumah.

Sumber: www.pegipegi.com, boombastis.com

Baca Juga:

Tips Traveling Sambil Mudik

(Visited 33 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar