13 TIPS SAAT DI BANDARA

13 TIPS SAAT DI BANDARA

Sobat TulKit, Fasilitas bandara di beberapa negara dan bandara memang sudah mewah dan nyaman. Bahkan sudah banyak bandara yang memberikan standar tinggi untuk fasilitas agar membuat calon penumpang ramai. Nah berikut ini TulKit memberikan 13 tips saat di bandara yang bisa kamu manfaatkan.

1. Check In Online

Beberapa maskapai dan bandara sudah melengkapi fasilitas untuk check in online yang bisa dilakukan jauh-jauh hari. Fungsinya jelas supaya memudahkan kita agar tidak lama antri di kounter check in dan mempersingkat urusan.

Jadi saat dikonter check in, kamu hanya berurusan untuk barang-barang bagasimu saja.

2. Download boarding pass

Daripada harus print membuang-buang waktu, tinta, dan uang, unduhlah boarding passmu. Bisa juga discreenshot barcode dari aplikasi travel yang kamu pesan.

Ini mempermudah untuk kamu bisa masuk pengurusan check in. Karena proses mengidentifikasinya hanya cukup scan dari ponselmu. daripada harus menyodorkan kertas atau membuat petugas check in memakan waktu untuk mencari datamu.

3. Atur barang bawaan untuk bagasi dan kabin

Bijaklah saat melakukan packing, tentukan juga antara menggunakan Carrier, tas ransel biasa, atau koper.

Saat mengemas barang, pastikan barang-barang mana yang diperbolehkan dalam bandara. Di berbagai negara dan bandara memiliki kebijakan masing-masing. Seperti kebijakan dilarang membawa daging di Amerika Serikat, atau beberapa bandara di Indonesia yang melarang atau memperbolehkan membawa alkohol dalam kadar tertentu.

Bijak juga antara barang-barang yang akan ditaruh di kabin atau bagasi. Jika ada barang berharga dan mudah pecah, jangan ditaruh di bagasi, karena petugas bagasi akan main asal lempar. Jika barang tersebut hanya sekedar tumpukan pakaian, lebih baik masukkan dalam bagasi.

4. Bawalah terminal listrik

kabel roll yang harus disediakan saat di bandara dengan minimal 3 colokan.
Sumber: http://magmaelectric.com

Menunggu pesawat itu lama, apalagi jika kamu transit lama di bandara. Lebih baik sambil mengisi waktu, cari colokan untuk men-charge alat elektronik seperti hape setelah dipakai lama-lama. Tapi colokan di bandara sangat terbatas, mungkin bisa rebutan dengan calon penumpang lainnya.

Cara mudahnya adalah membawa terminal listrik, kamu bisa berbagi slot dengan calon penumpang lain. Juga memudahkan men-charge alat elektronik yang lebih banyak.

Baca juga hal-hal yang bisa kamu lakukan saat transit lama di bandara KLIA.

5. Bawalah botol kosong

Memang minuman saat di bandara harganya mahal jadi jangan membeli di bandara, tapi kalau mau minum, jangan bawa dari rumah. Karena cairan dengan jumlah tertentu dilarang masuk pesawat. Alasannya adalah keamanan. Kebijakan ini berlaku di banyak bandara internasional.

Sebaiknya bawalah botol kosong dan melakukan pengisian air minum di bandara. Beberapa bandara menydiakan dispenser untuk mengisi air minum.

6. Kosongkan kantong/sakumu

Saat melakukan scan X-Ray, sering sekali memakan waktu ketika harus melakukan penggeledahan. Petugas biasanya menyuruh kita untuk mengeluarkan semua barang-barang yang ada di saku. Sebaiknya lakukan sebelum tiba di bandara

7. Tarulah barang-barang cairan, dan alat elektronik di bagian teratas tas

Inilah solusi dari permasalahan dari No.6, terulah barang-barang cairan seperti parfum, dan alat elektronik seperti ponsel dibagian teratas tas. Selain menyimpan dan mengambil kembali barang-barang tersebut ke saku, juga memudahkan ketika ada barang yang yang ternyata dimintai untuk dikeluarkan tanpa harus mengobok-obok terlalu dalam.

Baca juga laptop kecil yang pas di tas untuk menemani traveling.

8. Tidak usah buru-buru saat boarding

antrean di bandara sangat panjang, tips saat di bandara adalah jangan buru-buru ambil antrean.
Sumber: https://www.cnbc.com

Waktu boarding sudah tiba, tidak perlu terburu-buru untuk menjadi yang terdepan di antrean. Kamu pasti dapat tempat duduk sesuai dengan nomor tiketmu. Santailah, sehingga kamu tidak perlu antre saat boarding.

Lagi pula, kamu tidak mau kan jika di kabin harus macet-macet menunggu penumpang yang menaruh bawaannya ke bagasi kabin. Belum lagi yang ternyata salah kursi, membuat lama berdiri di kabin.

9. Keluarkan barang-barang penting dalam genggaman

Barang-barang penting seperti tiket, ponsel dan paspor bawa saja di genggamanmu. Kamu tidak akan menyadari jika ditaruh di saku bisa terjatuh, atau dicopet.

Tentu kamu harus mengawasi genggamanmu juga agar tidak jatuh.

10. Siapkan snack dari luar bandara

Harga snack di bandara dan pesawat mahal. Sebaiknya sebelum berangkat ke bandara kamu sudah mampir ke mini market untuk membeli snack.

11. Jangan dengarkan musik selagi menunggu, download lagu offline

Ponsel untuk pemutar musik untuk di dalam penerbangan.
Sumber: https://jurnalapps.co.id/

Memakai earphone/headset/headphone memang enak untuk menunggu pesawat. Tapi sebaiknya jangan lakukan, karena kamu akan ketinggalan informasi penting yang diumumkan.

Sebaiknya gunakan waktu menunggu tersebut untuk download lagu-lagu favoritmu di Spotify, atau Joox. Biar kamu bisa enjoy mendengar lagu

12. Pakai Sweater untuk kabin pesawat dan bandara

Beberapa bandara menyediakan pendingin ruangan yang sangat dingin, terutama jika diluar sedang panas-panasnya. AC di dalam bandara akan diatur agar menandingi suhu di luar sana. Tapi jika sudah berlama-lama di bandara, suhu akan terasa sangat dingin.

Di kabin pesawat juga tidak kalah dinginnya. Beberapa maskapai jika melakukan penerbangan malam dengan sengaja akan menurunkan suhu agar kamu merasa dingin dan menyewa selimut mereka.

Sebaiknya sediakan sweater, selain mengakali suhu yang dingin di bandara dan penerbangan, berguna juga untuk menghangatkan badan saat ke tempat yang non-tropis.

13. Berhematlah saat di bandara atau di pesawat

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau makanan, snack, dan minuman di bandara dan di pesawat itu mahal. Jadi jagalah dompetmu agar tidak terpengaruh untuk membeli sesuatu di bandara dan pesawat.

Apalagi merchandise di pesawat banyak yang menggoda untuk dikoleksi. Ingatlah, bahwa ada pengeluaran berarti setelah kamu tiba di tempat tujuan.

Baca juga: Tips Traveling Irit ke Bangkok

(Visited 9 times, 1 visits today)

Tinggalkan Komentar